Perjalananku dengan susu kefir.

Sudah 6 bulan sejak pertama kali aku mencoba minum susu kefir, pertama kalinya aku dengar dari temanku, setelah google sana sini, aku jadi semakin tertarik dan mulailah aku bereksperimen dengan susu kefir.

Apa itu susu Kefir?
Kefir adalah minuman probiotik hasil fermentasi bakteri susu hewani, biasanya susu yang digunakan adalah susu sapi atau kambing. Bakteri ini memakan laktosa didalam susu karena itu kefir sangat cocok untuk orang yang menderita laktosa intoleran. Laktosa intoleran adalah kondisi ketika enzim laktase yang diperlukan untuk mencerna laktosa di susu, tidak diproduksi di perut dan efeknya ketika minum susu adalah kembung, diare, buang angin dll.

Apa manfaat yang aku dapat dalam bereksperimen dengan kefir:


1.     Kefir menyembuhkan laktosa intoleran
Aku hampir tidak pernah minum susu karena laktosa intoleran, setiap kali aku minum susu, aku akan kembung dan kadang sedikit diare kalau minum terlalu banyak, dan aku hanya bisa minum setengah gelas dalam sehari, itu pun tidak boleh setiap hari.
Setelah 6 bulan minum kefir, aku coba minum susu segar setengah gelas, setelah 1-2 jam, perutku diam, tidak kembung atau diare. Beberapa hari setelah itu aku coba minum 1 gelas penuh susu segar, hasilnya masih sama, jadi bisa dikatakan laktosa intoleran aku sembuh.
Update Desember 2023 : 700 ml susu segar dalam sekali minum, tidak ada diare, sedikit kembung.

2.     Makanan disaat diare
Dalam 6 bulan ini aku pernah diare 1x, dan setelah bolak balik toilet 5x, aku mulai merasa lemas dan kehilangan nafsu makan. Walaupun sudah berusaha makan pisang lebih banyak, aku masih berasa lemas dan enek. Akhirnya aku campur pisang dan kefir, badanku berasa lebih kuat. Selama 2 hari diare aku hanya makan obat diare, pisang dan kefir. Hari kedua pun aku sudah membaik dan pulih lebih cepat.

3.     Kefir sebagai hair mask
Rambutku panjang dan kering, daripada beli hair mask yang mahal, aku coba pakai kefir sebagai hair mask seminggu sekali, hasilnya rambutku lebih lembut dan tumbuh dengan cepat.
Caranya : oleskan kefir di kulit kepala (boleh dicampur bubuk kopi, ini opsional, kopi mengkilaukan rambut). Tutup dengan shower cap selama 1 jam. Setelah itu keramas, untuk rambutku yang kering aku hanya bilas pakai air hangat, dan untuk mengeringkannya tidak pakai hair dryer tapi rambut agak berbau keju. Untuk tipe rambut minyak, lebih baik keramas dengan sedikit shampoo.
Kalau kefirnya dicampur dengan bubuk kopi, sebaiknya bilas dengan air dingin sampai bersih sebelum keramas, kalau keramas pakai air hangat, bubuk kopinya akan menggumpal di rambut.

4.     Kefir sebagai masker wajah.
Kefir bisa mengangkat kulit mati, dan membuat muka lebih lembab.
Caranya : oleskan kefir ke wajah dan leher dan diamkan selama 30 menit dan bilas. Lakukan 1-2x seminggu. 

Cara membuat kefir :
Caranya sangat mudah tapi harus jaga kebersihan, karena bakteri di dalam susu kefir ini rentan terhadap kotoran. Untuk tahap awal beli bibit susu kefir, bentuknya seperti bunga kol mini. Aku membelinya di online shopping. 50 gram bisa membuat susu kefir 1-2 liter, tergantung kualitas kefir, dan suhu ruangan. Semakin panas semakin cepat susu menjadi kefir.
Campur susu segar dengan bibit kefir di dalam wadah kaca dan tutup rapat. Taruh disuhu ruangan. Wadah kaca yang digunakan sebaiknya jangan dipakai untuk tempat mengisi lauk atau daging.
Setelah 12-18 jam (tergantung suhu ruangan) susu akan mengental seperti yogurt. 
Saring kefir dan ampas sisa saringan adalah bibit kefir, tuang bibit kefir ke dalam wadah kaca lain dan isi susu segar kembali. Simpan kefir di dalam kulkas.

Jika tidak ingin membuat susu kefir setiap hari, rendam bibit direndam dengan susu segar yang banyak dan taruh di dalam kulkas, bibit kefir yang direndam air susu segar bisa bertahan sekitar 1 minggu di dalam kulkas.

Efek samping dari kefir :
Kefir kaya akan kalsium, protein dan vitamin B, tetapi minum terlalu banyak kefir akan menaikkan berat badan. Beberapa bulan pertama aku minum 200-300 ml per hari tapi karena berat badanku naik, aku kurangi menjadi 100-150 ml per hari, yang penting rutin walaupun sedikit. Dan efek setiap orang berbeda, lebih baik meminum sedikit diawal dan pelan-pelan ditambah sambil dijaga berat badannya. 

Membuat kefir tidak susah, hanya butuh kesabaran dan sedikit bereksperimen, selain murah biayanya juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi yang berminat silakan dicoba.

Comments

Popular Posts